Marketing 021 78886946 / 082210140182

Mengapa Harus Mengikuti Diklat Security?

Mengapa Harus Mengikuti Diklat Security? Ini Dia Alasannya

Dalam dunia security diklat security menjadi hal yang wajib dilakukan. Tentu saja diklat ini dilakukan untuk menunjang kompetensi dalam bidang keamanan. Seperti yang kita ketahui, tugas pokok yang dimiliki oleh security ialah menyelenggarakan keamanan serta ketertiban lingkungan di kawasan kerja khususnya seperti personil informasi, pengamanan fisik dan berbagai pengamanan teknis yang lain.

Dalam tugas pokok security, seorang security harus memiliki peran sebagai seorang pelindung serta pengayom pelayan masyarakat yang ada di lingkungan kerjanya. Setiap security harus memiliki kemampuan memberi perlindungan, sehingga masyarakat yang berada di lingkungan kerja mereka bebas dari rasa takut seperti ancaman bahaya. Selain itu, bersedia memberi bantuan tanpa melihat status.

Setiap anggota harus mempunyai kemampuan untuk memberi arahan, petunjuk, bimbingan hingga pesan yang bermanfaat untuk masyarakat di lingkungan kawasan kerja, sehingga dapat tercipta sebuah suasana yang nyaman, tertib dan aman. Jika dilihat dari segi pelayan, security harus memiliki rasa pengabdian serta etika tata krama yang baik. Bahkan memberikan pelayanan yang mudah dan cepat.

Fungsi Security yang Harus Diketahui

Di dalam diklat, biasanya akan dijelaskan mengenai fungsi dan peran yang dimiliki security. Security merupakan pengemban kepolisian terbatas. Fungsi yang dimilikinya meliputi berbagai macam kegiatan dari mulai melindungi sampai mengamankan lingkungan, dari setiap gangguan keamanan, pelanggaran hukum dan ketertiban.

Security mempunyai kewenangan yang cukup terbatas. Kewenangannya ialah, memiliki kuasa di tempat, sehingga hanya terbatas di area kerjanya. Selain itu, di dalam undang-undang kepolisian disebutkan jika melaksanakan fungsi kepolisian dibantu pengamanan swakarsa dengan pengamanan terbatas seperti di lingkungan pemukiman, lingkungan kerja hingga lingkungan pendidikan.

Bagaimana dengan peranan security? Di dalam melaksanakan tugas yang dimilikinya, security mempunyai peranan membantu pimpinan proyek atau pun instansi untuk mengamankan lingkungan. Selain itu, security juga memiliki peran membantu polri di dalam ketertiban umum serta pembinaan di bidang penegakan hukum dalam kawasan kerja.

Ketertiban dan keamanan menjadi tanggung jawab semua masyarakat. Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab atas ketertiban dan keamanan di dalam lingkungan masing-masing, entah di lingkungan pekerjaan, pendidikan hingga pemukiman. Security juga memiliki wewenang khusus. Setiap security harus memahami dengan baik apa saja wewenang yang dimiliki.

Wewenang Petugas Keamanan Security

Untuk masalah wewenang, dibagi menjadi beberapa bidang. Pertama di bidang perventif. Untuk bidang ini, security wajib menerima laporan dari masyarakat maupun kawasan kerjanya, serta harus memberi pelayanan yang dibutuhkan. Ada pula tindakan dari tempat kejadian. Security harus melakukan tindakan pertama seperti menangani korban dan saksi, mengatur lalu lintas hingga penutupan TKP.

Security juga memiliki wewenang untuk meminta identitas di kawasan kerjanya seperti SIM dan KTP.  Jika security tersebut mencium hal-hal yang mencurigakan, mereka diperbolehkan untuk mencari informasi serta keterangan yang dibutuhkan untuk kepentingan tugasnya dalam memelihara ketertiban lingkungan serta keamanan yang berada di kawasan kerja.

Ada pula wewenang ketika terjadi tangkap tangan. Tertangkap tangan sendiri ialah tertangkapnya seseorang ketika melakukan sebuah tindak pidana. Dalam kasus ini, tak hanya kepolisian yang mempunyai kewenangan untuk bertindak, namun hal ini juga menjadi kewajiban dari security untuk menyerahkan tersangka ke penyidik.

Ketika tertangkap tangan, setiap orang diperbolehkan untuk melakukan tindakan tertentu, namun harus segera diserahkan pada pihak kepolisian sesegera mungkin. Sehingga, ketika terjadi hal yang tak diinginkan, security harus berupaya untuk tetap memberikan keamanan, dan ketentraman, dengan menangkap tersangka dan menyerahkannya pada pihak kepolisian.

Keterampilan Mengamati yang Dimiliki Security

Ketika diklat security, nantinya juga akan dijelaskan mengenai keterampilan mengamati. Sebenarnya, keterampilan mengamati bisa diartikan sebagai sebuah keterampilan yang dimiliki oleh seseorang agar dapat melihat serta memperhatikan secara seksama objek tertentu yang dilakukan secara teliti dan melakukan sejumlah analisa.

Keterampilan mengamati adalah bentuk keterampilan yang mutlak harus dimiliki oleh seorang anggota security, lebih-lebih jika berkaitan dengan tugas yang dimilikinya. Bentuk pengamatan ini seperti observasi, security harus mengambil posisi sebagai orang luar yang kehadirannya tidak akan mengganggu kelompok yang sedang diamati.

Ada pula observasi yang ikut serta. Peranan yang dimainkan seperti mengamati situasi sosial tertentu dengan berbagai macam partisipasi, sehingga penyelidik tidak perlu melakukan peranan atau melakukan partisipasi dengan lengkap. Pelatihan pengamatan ini harus dilakukan dengan sistematis, sehingga melihat hal yang bersifat umum hingga khusus.

Selain itu, harus memperhatikan sebuah objek dan harus dilakukan dengan konsentrasi penuh pada objek tersebut, pengamanan harus dilakukan dengan konsentrasi. Jangan sampai, orang yang sedang diawasi oleh pihak security merasa jika dirinya sedang diawasi, karena hal ini bisa memberikan kecurigaan dan akhirnya pengamatan tidak berlangsung dengan maksimal.

Di dalam diklat, nantinya anggota security juga akan dijelaskan mengenai keterampilan menjelaskan. Keterampilan menjelaskan tersebut bisa diartikan sebagai keterampilan untuk melukiskan atau menjelaskan sebuah objek atau pun peristiwa kejadian yang menjadi hasil pengamatannya. Penjelasan ini disampaikan dengan menggunakan bahasa yang lisan dan berbagai simbol sehingga orang lain akan lebih mengerti.

Mengapa Harus Mengikuti Diklat Security?

Satpam memiliki peran yang penting dalam menjaga keamanan lingkungan perusahaan, sehingga pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni harus dimiliki oleh calon satpam, layaknya anggota kepolisian. Bahkan di dalam undang-undang sudah diatur mengenai pengamanan instansi pemerintah. Di sana, dituliskan jika security harus memiliki sertifikasi Gada Pratama.

Selain itu, dengan mengikuti diklat ini, security menjadi lebih mengetahui seperti apa peranan yang dimilikinya, bahkan tugas yang mereka miliki. Dengan mengetahui tugas tersebut, tentu saja tidak akan ada keraguan lagi untuk bertindak atau melakukan hal yang memang seharusnya untuk dilakukan. Berbeda dengan tidak mengikuti diklat.

Security tidak mengetahui sejauh mana wewenang yang mereka miliki. Bahkan, ketika terjadi tangkap tangan, bisa saja security yang tidak melalui diklat, bingung apa yang harus dilakukan, atau apa yang harus mereka lakukan untuk mengamankan barang bukti. Bahkan, hal lain yang harus dijadikan sebagai catatan adalah perusahaan yang memperkerjakan security tanpa memiliki sertifikat pelatihan, dapat dikenakan sanksi administrasi dan sanksi pidana.

Namun, ketika memilih lembaga diklat atau pelatihan security, Anda harus memilihnya dengan baik. Jangan sampai memilih lembaga yang tidak resmi. Sayangnya, tidak mudah untuk memilih lembaga yang mampu memberikan bekal terbaik untuk satpam. Anda harus memilih lembaga pelatihan atau diklat yang memiliki fasilitas yang lengkap dan terbaik. Karena fasilitas akan mempengaruhi kualitas pelatihan yang dimiliki.

Tak hanya sekedar fasilitas, pastikan biaya pelatihan yang harus dibayar cukup terjangkau. Anda bisa membandingkan antara satu pelatihan dengan pelatihan lain. Apakah pelatihan yang akan Anda pilih memiliki biaya yang cukup terjangkau. Selain itu, pastikan memiliki jadwal pelatihan yang fleksibel. Lebih-lebih jika Anda merupakan perusahaan yang ingin memberikan latihan untuk security yang bekerja di perusahaan.

Memilih jasa untuk diklat satpam memang tidak bisa sembarangan. Pastikan mereka juga memiliki pelatih yang berpengalaman di bidangnya. Dibandingkan bingung memilih sembarang lembaga jasa, Anda bisa percayakan hal tersebut kepada kami. Kami memiliki materi pelatihan yang lengkap, jadwal latihan yang cukup fleksibel dan biaya diklat security yang terjangkau.

Web Traffic: Today 3 | Yesterday 30 | This week 92 | This month 1548 | Total 71055

© 2013 - PT. FAJARMERAH INDO SERVICE SECURITY  - All Rights Reserved | By CyberOne