Marketing 021 78886946 / 082210140182

Jasa Pengamanan Security Bersertifikat Gada Pratama

Jasa Pengamanan Security Bersertifikat Gada Pratama

Ada banyak sekali penyedia jasa pengamanan security yang bisa digunakan untuk membantu pengamanan pada sebuah event atau kantor perusahaan/lembaga tertentu. Namun, sebagai klien Anda harus berhati-hati dalam memilih perusahaan outsourcing atau penyedia jasa atau tidak salah pilih dan merugikan perusahaan. Hal ini karena jenis pengamanan itu sendiri juga berbeda-beda tergantung kebutuhannya.

Jasa keamanan itu sendiri bukan hanya digunakan untuk menjaga keamanan pada sebuah perusahaan, tetapi juga berlaku untuk kebutuhan pengamanan personal. Dalam hal ini bisa digunakan pada selebriti, politikus, pejabat pemerintah dan orang penting lainnya, bahkan orang kaya sekalipun. Tenaga security atau satpam tersebut sudah dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang keamanan.

Fakta Seputar Satuan Pengamanan Indonesia 

Jasa pengamanan security merupakan sebuah perusahaan atau instansi yang menyediakan satuan pengamanan (satpam) yang berkualitas dan berpengalaman di bidangnya. Fungsi dari adanya satpam ini yaitu bertugas melakukan pengamanan fisik atau physical security untuk mewujudkan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.

Ada banyak sekali penyedia jasa pengamanan security yang bisa digunakan untuk membantu pengamanan pada sebuah event atau kantor perusahaan/lembaga tertentu

kelompok satuan pengamanan atau satpam ini terbentuk atas dasar kesadaran polisi yang tidak mungkin bekerja sendiri mengemban fungsi kepolisian. Oleh karena itu, pada tanggal 30 Desember 1980 terbentuklah lembaga satuan pengamanan (satpam) secara resmi. Hingga kini, ada banyak satpam yang telah membantu kepolisian Indonesia dalam menciptakan suasana aman dan kondusif.

Satpam yang disediakan oleh jasa pengamanan security harus memiliki kualitas dan kualifikasi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan klien. Untuk itu, setiap satpam atau security harus menempuh jenjang pelatihan yang terdiri dari tiga tingkat seperti berikut ini, antara lain:

  1. 1.    Pelatihan Dasar (Gada Pratama)

Pelatihan yang satu ini merupakan pelatihan yang wajib ikuti oleh setiap satpam atau security yang nantinya akan bertugas menjaga keamanan. Pelatihan dasar akan mendapatkan sertifikat Gada Pratama, yang merupakan salah satu syarat wajib untuk melamar pekerjaan sebagai satpam atau security. Pelatihan dasar ini biasanya akan berlangsung selama 4 minggu dengan menggunakan pola 232 jam pelajaran.

Di bawah ini terdapat beberapa rincian materi pelatihan yang harus ditempuh oleh calon satpam pada jasa pengamanan security, antara lain:

  • Interpersonal skill
  • Etika profesi
  • Tugas pokok, fungsi dan peranan security/satpam, serta memiliki kemampuan kepolisian terbatas
  • Bela diri
  • Pengenalan bahan peledak
  • Barang berharga dan latihan menembak
  • Pengetahuan narkotika, psychotropic dan zat adiktif lainnya
  • Penggunaan tongkat polri dan borgol
  • Pengetahuan baris-berbaris dan penghormatan

 

  1. 2.    Pelatihan Penyelia (Gada Madya)

Sedangkan pelatihan penyelia biasanya dilakukan oleh jasa pengamanan security yang menyediakan pelayanan satpam tingkat lanjut dengan kualifikasi sertifikat Gada Madya. Pelatihan penyelia ini bisa diikuti oleh tenaga keamanan yang sudah berhasil mendapatkan Gada Pratama atau telah mengikuti pelatihan tingkat dasar. Latihan yang satu ini dilakukan selama 2 minggu dengan menerapkan pola 160 jam pelajaran.

  1. 3.    Pelatihan Manajer Keamanan (Gada Utama)

Beda lagi dengan pelatihan tingkat ketiga bernama pelatihan manajer keamanan yang satu ini. Pelatihan ini akan mendapatkan sertifikat Gada Utama dan bisa diikuti oleh siapa saja setingkat manajer keamanan atau chief security officer. Tugas dan peranan manajer keamanan tentu lebih berat bila dibandingkan dengan tugas satpam setingkat Gada Pratama atau Madya.

Ketiga pelatihan tersebut hanya boleh dilakukan oleh instansi atau lembaga pendidikan kepolisian negara dan perusahaan pelatihan keamanan yang berizin resmi. Sedangkan lembaga Kepolisian mulai dari Sektor hingga Resor Metropolitan hanya melakukan latihan pemeliharaan/penyegaran bagi satpam yang bersertifikat Gada Pratama/Madya.

Jasa Pengamanan Security Harus Mengikuti Diklat

Diklat atau pendidikan dan pelatihan adalah syarat wajib yang harus diikuti oleh setiap anggota atau calon satpam sebelum menjalankan tugas. Diklat itu sendiri memiliki fungsi dan peranan penting untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada calon satpam dalam bidang keamanan. Dengan mengikuti diklat tersebut diharapkan satpam atau security berhasil meraih sertifikat dan menjadi profesional.

Ada banyak sekali kemampuan atau skill yang harus dikuasai oleh calon satpam. Mereka harus mampu memberikan arahan, petunjuk, bimbingan dan pesan yang bermanfaat untuk masyarakat di lingkungan atau area kerjanya. Dengan begitu, akan tercipta suasana yang tertib, aman dan nyaman. Pelayanan yang diberikan juga harus cepat dan tepat serta diimbangi dengan etika tata krama yang baik.

Selanjutnya, jasa pengamanan security juga harus memastikan semua tenaga keamanan mereka sudah melalui diklat dan mendapatkan beberapa hal berikut ini:

  1. 1.    Pengetahuan Tentang Fungsi Security

Pendidikan dan pelatihan (diklat) setingkat Gada Pratama biasanya merupakan pelatihan dasar yang berisi tentang pengetahuan fungsi dan tugas seorang security. Setelah mengikuti diklat dan mendapatkan sertifikat Gada Pratama untuk tingkat pertama, seharusnya seorang satpam/security sudah paham tentang tugas mereka. Intinya, satpam adalah pengemban kepolisian terbatas yang membantu tugas polisi.

Berikut ini beberapa fungsi dan peranan seorang security, antara lain:

  • Berfungsi melindungi dan mengamankan segala aktivitas di lingkungan kerjanya dari semua jenis gangguan atau ancaman keamanan, pelanggaran hukum maupun ketertiban
  • Jasa pengamanan security atau satpam berperan dalam membantu pimpinan proyek dalam mengamankan lingkungan dan membantu polri untuk menjaga ketertiban umum
  1. 2.    Pemahaman Tentang Wewenang Security

Security atau satpam juga memiliki wewenang dalam menjalankan tugas keamanan. Nah, adanya diklat ini diharapkan mampu memberikan wawasan dan pemahaman tentang apa saja wewenang security saat di lapangan. Berikut ini beberapa jenis wewenang security berdasarkan kasus yang terjadi di lapangan, antara lain:

  • Memiliki wewenang untuk menerima laporan dari masyarakat sekitar serta diperbolehkan untuk memberikan pelayanan yang dibutuhkan
  • Jika terjadi tindak kejahatan, security memiliki wewenang untuk melakukan penanganan terhadap korban dan saksi, mengatur lalu lintas hingga menutup TKP
  • Jasa pengamanan security memiliki wewenang untuk mencari informasi melalui pemeriksaan SIM, KTP atau keterangan saksi mata di sekitar area kejadian
  • Saat pelaku tindak kriminal tertangkap tangan, security juga memiliki wewenang untuk menyerahkan kasus tersebut kepada penyidik, seperti yang dilakukan polri
  1. 3.    Memiliki Skill atau Keterampilan Mengamati yang Baik

Sebagai seorang satpam atau security, tugas utama yang harus dilakukan adalah mencegah terjadinya tindak kejahatan atau kriminalitas di lingkungan kerjanya. Nah, salah satu skill yang harus dimiliki adalah keterampilan dalam melihat atau mengamati dan menganalisa ancaman atau gangguan yang mencurigakan. Dengan mengikuti diklat, hal seperti itu juga diajarkan dan dilatih secara sistematis dan berkelanjutan.

Keterampilan dalam mengamati objek dibedakan menjadi dua macam yaitu mengamati dari luar dan dalam. Pengamatan atau observasi dari luar dilakukan dengan tidak mengganggu objek yang sedang diamati. Sedangkan observasi dari dalam dilakukan dengan ikut serta di dalam kelompok objek itu sendiri.

Nah, itulah informasi tentang pendidikan dan pelatihan calon tenaga keamanan yang perlu dipenuhi oleh jasa pengamanan security. Penyedia jasa yang menyediakan tenaga keamanan berkualifikasi dan bersertifikat Gada Pratama, Madya hingga Utama bisa lebih dipercaya kualitas dan pengalamannya.

Web Traffic: Today 2 | Yesterday 30 | This week 91 | This month 1547 | Total 71054

© 2013 - PT. FAJARMERAH INDO SERVICE SECURITY  - All Rights Reserved | By CyberOne